Oleh: Asih Pudjihastuti | Februari 8, 2011

Program NetOp Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran

Pengembangan Bidang informasi dan telekomunikasi mengalami revolusi yang cukup signifikan khususnya untuk perangkat audio visual, mobile phone dan komputer. Teknologi tersebut telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap beberapa aspek kehidupan. Bidang pendidikan tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi ini. Kemajuan teknologi khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi memberikan peluang yang besar dalam perencanaan dan rekayasa pembelajaran yang bersifat multimedia. Teknologi juga memungkinkan kita untuk memadukan berbagai aspek dalam suatu kemasan, sehingga pembelajaran menjadi lebih dinamis dan meningkatkan keaktifan siswa untuk mempelajari suatu materi pelajaran tertentu. Teknologi yang bersifat multimedia ini memberi peluang bagi kita untuk melibatkan aspek audiovisual dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media yang mudah dipakai adalah menggunakan video tutorial interaktif yang berisi penjelasan materi dan latihan-latihan yang bersifat kognitif. Pemanfaatan teknologi audio visual dalam pendidikan memungkinkan pengemasan materi menjadi lebih menarik sehingga gambaran lebih nyata dari suatu bentuk permasalahan memungkinkan untuk ditampilkan.
Peranan teknologi memungkinkan kita untuk melampaui batas-batas yang dulunya melingkupi. Dengan memanfaatkan teknologi dapat dilaksanakan suatu pembelajaran jarak jauh sehingga batas-batas wilayah tidak lagi menjadi kendala. Pemanfaatan teknologi juga memungkinkan suatu pembelajaran jarak jauh yang interaktif. Teknologi yang mendukung untuk terlaksananya pembelajaran jarak jauh adalah internet.
Dalam pembelajaran di lingkungan sekolah, biasanya hanya beberapa bahkan sebagian kecil saja siswa yang berani bertanya, mengemukakan pendapat, atau menyanggah dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari. Hal ini mungkin dikarenakan rasa takut dianggap bodoh atau sangsi apakah pertanyaan yang nanti diajukan terlalu mudah atau anggapan lain. Perlu adanya suatu bentuk pembelajaran yang bisa mengurangi anggapan tersebut. Salah satu alternatif pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran yang memungkinkan hal tersebut adalah dengan pemanfaatan program NetOP dan LAN (Local Area Network). Salah satu fasilitas yang disediakan oleh program ini adalah teleconference. Fasilitas ini memberikan kemudahan pada siswa untuk bertanya tanpa diketahui temannya sehingga dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, perlu adanya suatu pembelajaran yang menerapkan program NetOP dan LAN dalam pembelajaran.
Program NetOp merupakan program yang dapat dijalankan dalam lingkungan LAN. Program ini mempunyai 2 bagian yaitu program NetOp Teacher dan NetOp Student. NetOp Teacher merupakan program yang dijalankan pada komputer dosen sebagai seorang administrator, sedangkan NetOp Student merupakan program yang dijalankan pada komputer mahasiswa sebagai client. Kelebihan program ini yaitu dosen dengan menggunakan NetOp Teacher dapat memantau seluruh kegiatan mahasiswa sedangkan mahasiswa tidak dapat melihat segala aktifitas yang dilakukan dosen. Dosen juga dapat memberi tugas/penjelasan yang berbeda-beda pada setiap siswa yang langsung tampak di monitor siswa.

Peran Multimedia dalam Pembelajaran
Kajian Teori Pembelajaran
Pembelajaran pada peserta didik akan dapat diterima dengan baik apabila kajian yang diberikan sesuai dengan tingkap perkembangan kognitif peserta didik itu sendiri. Peserta didik yang masih belum mampu berpikir abstrak harus diberi materi pembelajaran yang tidak abstrak pula. Para ahli psikologi memiliki beberapa aliran tentang pembelajaran, secara garis besar ada dua aliran yaitu aliran psikologi kognitif dan aliran psikologi behaviouristik.
Aliran psikologi kognitif dalam pembelajaran lebih mengutamakan tingkat kemampuan bepikir peserta didik dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran, sedangkan aliran psikologi behaviouristik dalam pembelajaran lebih memperhatikan usaha pengajar/guru untuk membuat lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik belajar dengan baik. Dalam praktek pembelajaran dikelas umumnya guru akan mengkombinasi kedua aliran tersebut yaitu guru akan mengelola kelas sehingga suasana kelas memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan baik dengan memperhatikan tingkat perkembangan berpikir peserta didik.
Salah satu tokoh psikologi yang dipandang sesuai dengan suatu model pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajar adalah Jerome S. Bruner. Bruner memandang bahwa perkembangan tahap belajar peserta didik ada tiga yaitu: Tahap enaktif, tahap ekonik, dan tahap simbolik.
Pada tahap enaktif, untuk memahami suatu konsep misalnya kubus, maka anak ini harus melakukan observasi langsung terhadap kubus, ia harus mengotak-atik secara langsung tentang kubus.
Pada tahap ikonik, untuk memahami suatu konsep tidak harus berhadapan langsung dengan bendanya, meraka dapat memahami suatu konsep dengan gambar, diagram, tabel, grafik atau semacamnya yang berhubungan dengan ikon (gambaran benda) tersebut.
Pada tahap simbolik, maka anak sudah dapat diajak berpikir abstrak atau simbolik yaitu bisa dengan bahasa verbal.

Multimedia sangat erat kaitannya dengan media elektronik khususnya komputer. Pada saat ini, komputer sudah banyak digunakan dalam pembelajaran di kelas guna mempermudah proses belajar mengajar. Secara umum komputer dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi yaitu: (1) komputer sebagai media pembelajaran, (2) komputer sebagai alat bantu pembelajaran, dan (3) komputer sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran.

  1. Komputer sebagai media pembelajaran dimaksud bahwa komputer digunakan untuk merancang bahan/materi pembelajaran yang dikemas dalam sebuah paket pembelajaran yang biasa disebut CD pembelajaran atau CD interaktif. Dinamakan CD pembelajaran atau CD interaktif karena biasanya bahan/materi pembelajaran dibuat di dalam CD yang dapat dijalankan dalam komputer atau CD player. Dalam hal ini, secara kasar dapat dikatakan bahwa CD digunakan sebagai “Buku +” dimana siswa dapat memutar CD dan dari CD siswa dapat mempelajari isi pelajaran.
  2. Komputer sebagai alat bantu pembelajaran dimaksudkan bahwa komputer digunakan sebagai alat bantu hitung untuk mempercepat perhitungan yang cukup rumit. Dalam hal ini komputer sebagai TOOLS dalam menyelesaikan masalah perhitungan seperti statistika (SPSS), riset operasi (Lindo/Solver) atau menggambarkan grafik dengan Maple, Derive atau Auto CAD.
  3. Komputer sebagai sarana komnikasi dalam pembelajaran dimaksud bahwa komputer sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan bahan/materi pembelajaran, mencari informasi dalam komputer yang biasanya berbentuk jurnal atau bahan ajar yang diambil dari inernet, atau komunikasi tugas siswa yang diambil dari WEB guru/dosen untuk dikerjakan dan akhirnya diserahkan /dikirim ke WEB tersebut, dalam hal ini biasanya digunakan Web Blog. Atau pembelajaran langsung melalui internet (jarak jauh) atau intranet (LAN) untuk jarak dekat.

Pada Kajian di sini, kita akan lebih mendalami bagian nomor (3), yaitu Komputer sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran, khususnya pemanfaatan program NetOp pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Program NetOp School
Program NetOp merupakan program yang dapat dijalankan dalam lingkungan Local Area Network (LAN), yaitu jaringan LAN dengan kabel atau dengan nirkabel (wireless). Program ini mempunyai 2 bagian utama yaitu program NetOp Teacher dan NetOp Student. NetOp Teacher merupakan program yang dijalankan pada komputer guru sebagai seorang administrator yang dapat mengendalikan semua kegatan pembelajaran, sedangkan NetOp Student merupakan program yang dijalankan pada komputer siswa sebagai client yang siap menerima tugas-tugas akademik yang diberikan guru.
Program NetOp secara umum mudah dijalankan oleh guru dan dapat membantu kegiatan pembelajaran di kelas. Program ini dilengkapi dengan beberapa menu yang komunikatif, sehingga guru tinggal memilih menu yang diinginkan untuk kegiatan yang sesuai dengan apa yang sudah di rancangkan guru sebelum pembelajaran dimulai.

Untuk Lebih jelas nya anda dapat mengirim di email : asih.pudjihastuti@yahoo.com, apabila anda tertarik


Responses

  1. Minta Softwarenya Dunk bu…….jangan cerita ama nulis doang…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: